Logo

Diraih Beruntun Sejak 2013, Kini Pemprov Jambi Koleksi Selusin Predikat Opini WTP

- Senin, 24 Juni 2024 - 23:07:51
Pemerintahan Diraih Beruntun Sejak 2013, Kini Pemprov Jambi Koleksi Selusin Predikat Opini WTP, PETAJAMBI.COM
Gubernur Jambi Al Haris menerima langsung Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jambi 2023 di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (24/6). / Foto/Ist

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi kembali meraih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023. Artinya Pemprov Jambi kini sudah mengoleksi 12 Predikat Opini WTP yang diraih beruntun sejak tahun 2013.

Predikat opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2023 itu diberikan langsung Anggota V BPK RI, Ahmadi Noor Supit pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi dengan agenda Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jambi 2023 di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (24/6).

Gubernur Jambi Al Haris berharap, Opini WTP menjadi motivasi Pemerintah Provinsi Jambi untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan daerah pada masa mendatang.

"Mari kita maksimalkan dan maknai hasil pemeriksaan yang dilakukan sebagai wujud evaluasi untuk menciptakan tata kelola keuangan dan pemerintahan yang baik dan bersih,” kata Haris usai paripurna tersebut.

Haris juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPK RI yang telah melakukan audit LKPD Provinsi Jambi dan memberikan predikat Opini WTP.

Haris juga mengungkapkan ada beberapa kelemahan dalam LHP BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi. Ia pun menugaskan Inspektur Provinsi Jambi untuk mengkoordinasikannya bersama perangkat daerah terkait dalam rangka percepatan penyelesaian tindak lanjut atas seluruh rekomendasi yang disampaikan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi.

"Saya minta Inspektur Provinsi Jambi dapat melakukan identifikasi terhadap temuan yang berulang dan segera lakukan pembinaan terhadap temuan tersebut serta segera pembinaan terhadap seluruh perangkat daerah," tegas Haris.

Haris juga minta perkembangan tindak lanjut dan identifikasi atas temuan tersebut agar segera disampaikan secara berkala kepada dirinya selaku Gubernur Jambi. Hal itu penting karena manfaat yang diperoleh atas efektivitas penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaaan oleh entitas yang diperiksa merupakan salah satu indikator kinerja Inspektur.

Sementara itu, Anggota V BPK RI, Ahmadi Noor Supit mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan serta pelaksanaan rencana aksi atau tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan sebelumnya, BPK memberikan Opini WTP atas laporan keuangan Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2023 meski masih ada beberapa catatan dan rekomendasi. Pencapaian tersebut menandai keberhasilan Pemerintah Provinsi Jambi dalam mempertahankan Opini WTP untuk yang ke-12 kalinya.

"Prestasi ini hendaknya memotivasi seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jambi untuk terus berupaya meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah, serta kualitas penyajian laporan keuangan,” kata Ahmadi.(*)

 

 

Editor: Dodi Saputra

Sumber: Diskominfo Provinsi Jambi





Tags: