Logo

Gubernur: Bantuan Program Pemerintah Harus Merujuk Data PKH

- Senin, 24 Juni 2024 - 15:17:28
RAGAM Gubernur: Bantuan Program Pemerintah Harus Merujuk Data PKH, PETAJAMBI.COM
Gubernur Jambi Al Haris menyerahkan secara simbolis kunci motor operasional kepada koordinator pendamping PKH Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, Senin (24/6). / Foto/ist

JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris, S.Sos menegaskan, kedepan apapun program pemerintah, khususnya program bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi harus merujuk pada data Program Keluarga Harapan (PKH) dan setiap tahun harus ada perubahan status dari PKH menjadi non PKH, yang miskin ekstrim tidak lagi miskin ekstrim dan harus mengarah ke lebih baik lagi untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut ditegaskan Haris saat Pembukaan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (SDM PKH) Provinsi Jambi serta Penyerahan Kendaraan sepeda motor operasional (pinjam pakai) kepada para koordinator SDM PKH kabupaten/kota Se-Provinsi Jambi di Aula Kantor BPSDM Provinsi Jambi, Senin (24/6).

Haris mengungkapkan, PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat, sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

"Semua ini sudah ada yang menjadi koordinatornya di masing-masing daerah yang berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Sosial Dukcapil Provinsi Jambi," kata Haris.

Ia menegaskan, kedepan apapun program Pemerintah provinsi Jambi yang bersifat bantuan para OPD harus merujuk pada data PKH karena di situ juga terdapat data warga Jambi yang miskin ekstrim.

"Kita mencontohkannya pada program bedah rumah, bantuan modal UMKM dan BPJS kesehatan, sepanjang masih ada data PKH berikan pada PKH. Kita harap setiap tahun ada perubahan status yang PKH menjadi non PKH, yang miskin ekstrim tidak lagi miskin ekstrim,” jelas Haris.

Ia juga menyebutkan, hingga saat ini Provinsi Jambi ada 105.000 PKH yang sudah didata, selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, Haris mengatakan wajib membantu, mendukung dan menyukseskan program pemerintah pusat tersebut di daerah.

"Termasuk dengan memberikan fasilitas motor operasional kepada koordinator pendamping PKH yang saat ini baru dapat diberikan kepada koordinator SDM PKH tingkat kabupaten dan kota. Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para SDM PKH Provinsi Jambi yang telah bekerja dengan penuh dedikasi yang luar biasa, semoga menjadi amal sholeh bagi para SDM PKH," ujar Haris.

Selain itu, Haris juga berharap dengan adanya bantuan motor operasional dapat meningkatkan kinerja koordinator pendamping PKH kabupaten dan kota dalam bekerja dan semakin baik laporan serta semakin bisa menyentuh Keluarga Penerima Manfaat.

"Gunakanlah motor ini untuk menemui masyarakat di daerah, agar mereka tersentuh PKH,” kata Haris lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi, M. Arif Budiman menjelaskan, diselenggarakannya Peningkatan Kapasitas SDM PKH kabupaten/kota adalah untuk membangun koordinasi yang harmonis antar instansi penyelenggara PKH. Selain itu mempertajam teknis terhadap program PKH dalam rangka menyukseskan tujuan PKH untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sementara itu, Koordinator Peningkatan Kapasitas SDM PKH Kabupaten/Kota, M. Yusuf beterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang dari dulu terus memberikan kontribusi serta support dan bantuan yang tak dapat disebutkan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jambi Al Haris juga menyerahkan secara simbolis kunci motor operasional kepada koordinator pendamping PKH Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi. (*)

 

 

 

Editor: Dodi Saputra

Sumber: Diskominfo Provinsi Jambi





Tags: