Logo

Waka DPRD Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik

- Kamis, 13 Juni 2024 - 13:14:47
RAGAM Waka DPRD Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik, PETAJAMBI.COM
Waka DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara / Foto/Ist

JAMBI - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara mendorong para petani di Jambi untuk beralih menggunakan pupuk organik dan hayati. Sebab menurutnya, hal itu penting dilakukan untuk menjaga kesuburan tanah dalam jangka panjang dan menghasilkan panen yang lebih berkualitas.

"Kita harus mulai beralih dari pupuk kimia ke pupuk organik dan hayati. Pupuk kimia memang dapat meningkatkan hasil panen dalam waktu singkat, namun efek jangka panjangnya dapat merusak tanah dan mencemari lingkungan," kata Pinto, Rabu (12/6).

Pinto menjelaskan bahwa pupuk organik dan hayati terbuat dari bahan-bahan alami seperti kompos, kotoran ternak dan mikro organisme yang bermanfaat bagi tanah. Pupuk organik tidak hanya membantu meningkatkan kesuburan tanah, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hasil panen dan menjaga kesehatan lingkungan.

"Penggunaan pupuk organik dan hayati juga dapat membantu petani untuk menghemat biaya. Petani juga dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar mereka," ujarnya.

Pinto berharap pemerintah daerah dapat memberikan dukungan kepada para petani yang ingin beralih menggunakan pupuk organik dan hayati. Dukungan tersebut dapat berupa pelatihan, penyediaan sarana dan prasarana, serta bantuan permodalan.

"Saya yakin dengan kerja sama antara petani, pemerintah dan pihak swasta, kita dapat mewujudkan Jambi sebagai provinsi yang maju dan berkelanjutan," katanya lagi.(*)

 

 

 

Penulis: Dodi Saputra