Logo

Deputi Bidang KSPK BKKBN Apresiasi Program PTPN IV Atasi Stunting

- Kamis, 07 Maret 2024 - 21:21:11
RAGAM Deputi Bidang KSPK BKKBN Apresiasi Program PTPN IV Atasi Stunting, PETAJAMBI.COM
Deputi Bidang KSPK menyerahkan bantuan sembako kepada anak stunting yang diinisiasi PTPN IV PalmCo Regional 4 Jambi, Kamis (7/3). / Foto/Dodi Saputra

JAMBI - Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (BKKBN) Nopian Andusti, menghadiri kegiatan aksi Cegah Stunting Bersama Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PTPN IV PalmCo yang digelar PTPN IV Regional 4 Jambi, Kamis (7/3).

Nopian mengapresiasi upaya dari PTPN IV PalmCo yang turut serta berperan aktif dalam upaya percepatan penurunan stunting dan sudah mengasuh 1.000 anak di Provinsi Jambi.

"Inilah bentuk partisipasi dari semua pihak, terutama dari badan usaha PTPN IV yang mempunyai kepedulian untuk menyelamatkan generasi yang akan datang," kata Nopian.

Dalam kesempatan itu, Nopian memaparkan upaya percepatan penurunan prevalensi stunting khususnya di Indonesia. Untuk Jambi ia menyebut berdasarkan peringkat nasional, Kondisi Stunting Provinsi Jambi berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada tahun 2022 sebesar 18 persen, merupakan urutan ke-7 (tujuh) terbaik dari 34 provinsi se-Indonesia dan lebih rendah dari angka Nasional sebesar 21,6 persen tahun 2022.

Salah satu upaya dalam memutuskan rantai stunting, kata Nopian bagi kaum wanita dianjurkan menikah pada usia 20 hingga 35 tahun dan tentu perlu pemeriksaan kesehatan sebelum menikah.

Menurutnya lagi da beberapa alasan mengapa pemeriksaan pranikah sangat penting untuk mencegah stunting pada anak. Salah satunya, stunting mempengaruhi kemampuan kognitif kecerdasan dan resiko penyakit tidak menular.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Tema Wisman mengatakan, saat ini angka stunting di Provinsi Jambi terus mengalami penurunan.

Pemerintah Provinsi Jambi kata Temawisman berkomitmen menetapkan terkait penurunan prevalensi stunting menjadi 12 persen di tahun 2024 mendatang.

Sementara dalam kegiatan tersebut, PTPN IV PalmCo Regional 4 Jambi menyalurkan bantuan bagi 300 anak yang terindikasi stunting di tiga Kecamatan di Kabupaten Batanghari. Bantuan itu mulai disalurkan Maret hingga Mei 2024.

Selain itu Program pengentasan stunting di Jambi tahun 2024 melalui program tanggung jawab sosial perusahaan, juha akan diberikan kepada 1.000 anak terdampak stunting di sekitar wilayah kebun/unit PTPN IV Regional 4.

Deputi KSPK dalam kesempatan itu juga mengukuhkan Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) kepada Direktur Hubungan Antar Lembaga PalmCo Iwan Perangin Angin, Region Head PTPN IV Regional 4 Ospin Sembiring, dan Ketua Ikatan Keluarga Besar Istri PTPN V, Lina Jatmiko.(*)

 

 

 

Penulis: Dodi Saputra