Pembangunan Tol Jambi-Betung.

Tol Trans Sumatera Diyakini Mampu Bangkitkan Ekonomi Jambi

Posted on 2024-01-05 13:37:47 dibaca 598 kali

JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris menyakini pembangunan Tol Trans Sumatera salah satunya di Provinsi Jambi mampu meningkatkan sektor ekonomi Jambi, jika jalan Tol tersebut sudah dioperasikan.

"Yang pasti kalau Tol sudah di buka, maka ekonomi Jambi akan bangkit, semua sektor akan bangkit," kata Haris, Kamis (4/1).

Haris mengatakan selama ini Jambi mengungulkan sektor pertanian, namun jika Tol sudah dibuka maka Jambi bisa mengembangkan sektor-sektor lain yang mampu meningkatkan perekonomi daerah dan masyarakat.

"Karena arus lalu lintas, barang orang jasa sudah lancar di situ, nah kalau selama ini Jambi kan nomor satu sektor pertanian, baru pertambangan. Nah sekktor pertambangan ini banyak yang bisa dikembangkan. Tinggal nanti pemerintah dan teman teman petani dan swasta berkolaborasi mengembangkan itu agar ini bisa kita angkat karena sudah ada tol yang membantu kita," kata Haris menjelaskan.

Seperti diketahui, Pembangunan Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi terus dilakukan, dengan panjang total 169,9 km. Jalan tol ini adalah bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Pembangunan jalan tol ini dilakukan bertahap dan dibagi menjadi 4 seksi. Yaitu, Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp. Ness.

Saat ini tengah dilakukan pembangunan Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino sepanjang 34 km yang merupakan jalan tol pertama di Provinsi Jambi, menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung. Untuk progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino saat ini telah mencapai 29,12 km dan ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang.(*)

 

 

 

Penulis: Dodi Saputra
Copyright 2023 Petajambi.com

Alamat: Jl. Depati Parbo, Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Kode Pos (36129)

Telpon: -

E-Mail: petajambi574@gmail.com