Logo

Gubernur: Lomba Pacu Perahu Tradisional Harus Dilestarikan

- Senin, 19 Agustus 2024 - 11:20:14
RAGAM Gubernur: Lomba Pacu Perahu Tradisional Harus Dilestarikan, PETAJAMBI.COM
Suasana Lomba Pacu Perahu Tradisional di Sungai Batanghari, Minggu (18/8). / Foto/ist

JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris mengatakan lomba pacu perahu yang dilaksanakan setiap tahunnya sejak dulu merupakan tradisi nenek moyang yang tetap harus dilanjutkan dan dilestarikan.

Pernyataan ini disampaikan Haris saat membuka Lomba Pacu Perahu Tradisional Provinsi Jambi, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Sungai Batanghari, Olak Kemang, Minggu (18/8)

Lomba Pacu Perahu Tradisional kata Haris, bukan hanya untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan saja, melainkan juga untuk memberikan ruang bagi pengiat, pencinta pacu perahu untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang olahraga pacu perahu.

Ia juga mengapresiasi masyarakat Seberang Kota Jambi, yang terus melestarikan Sungai Batanghari yang telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan dan peradaban masa lalu, masa kini dan masa mendatang

"Kita mempunyai sungai Batanghari yang besar ini tidak mungkin tidak ada komunitas pacu perahu. Di samping kita menjaga dan bersyukur masyarakat Seberang Kota Jambi masih menjaga dan mempertahankan lomba pacu perahu yang setiap tahunnya kita laksanakan," kata Haris. Ia juga mengatakan Lomba Pacu Perahu Tradisional merupakan bagian dari kebudayaan tradisional masyarakat Kota Jambi, khususnya Jambi Seberang.

Haris juga menyampaikan permohonan mohon maaf kepada peserta lomba pacu perahu karena hadiah yang di perebutkan masih minim. Namun kedepan katanya, hadiahnya akan diperbesar agar pelaksanaan HUT RI akan lebih meriah lagi.

Ia juga berharap peserta untuk menjunjung sportivitas sebagai nilai-nilai hakiki dalam berkompetisi serta terus berkreasi untuk terus meningkatkan prestasi yang nantinya mampu mengangkat harkat dan martabat dan nama baik daerah di tingkat nasional maupun internasional. Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Pacu Perahu Tradisional tingkat Provinsi Jambi 2024, Muhammad Harir menyampaikan bahwa lomba perahu tradisional kali ini diikuti puluhan tim.

"Lomba dibagi dua cabang yakni perahu type A dan type B. Kita berharap tahun depan diikuti lebih banyak peserta dari berbagai daerah di Jambi,” kata Harir.(*)

 

 

 

Editor: Dodi Saputra

Sumber: Diskominfo Provinsi Jambi





Tags: