Logo

Waka DPRD Berharap Bappenas Realisasikan Bendungan Merangin dan Pelabuhan Ujung Jabung

- Sabtu, 06 Juli 2024 - 12:45:04
Suara Legislator Waka DPRD Berharap Bappenas Realisasikan Bendungan Merangin dan Pelabuhan Ujung Jabung, PETAJAMBI.COM
Waka DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara. / Foto/Ist

JAMBI - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara berharap Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) segera merealisasikan pembangunan Bendungan Merangin dan Pelabuhan Ujung Jabung di Provinsi Jambi.

"Saya berharap Bappenas untuk segera memprioritaskan pembangunan Bendungan Merangin dan Pelabuhan Ujung Jabung. Kedua proyek ini sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Jambi," kata Pinto, Jumat (5/7).

Hal teraebut juga seiring Rencana Program Strategis Nasional (RPSN) Bidang Infrastruktur dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2030 yang tengah di bahas DPRD Provinsi Jambi.

Pinto dan anggota lainnya juga sudah menyampaikan beberapa poin penting ke Bappenas, diantaranya dukungan untuk Pembangunan Bendungan Merangin sebab bendungan itu memiliki potensi besar untuk meningkatkan ketahanan pangan dan irigasi di Provinsi Jambi.

Pinto menjelaskan bahwa Bendungan Merangin memiliki ketinggian sekitar 94 meter, daya tampung waduk mencapai 175,16 juta meter kubik dan luas genangan mencapai 686,78 hektare. Bendungan tersebut diperkirakan akan menelan biaya senilai Rp7,6 triliun.

Kemudian percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung, sebab pelabuhan tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu salah satu pelabuhan utama di Indonesia dan meningkatkan konektivitas maritim di wilayah Jambi.

Pelabuhan Ujung Jabung telah mendapatkan hibah tanah seluas 12 hektare. besar harapan dengan hibah itu, pembangunan pelabuhan dapat segera dimulai.

Bappenas kata Pinto menyambut baik usulan tersebut dan mempertimbangkannya dalam pembahasan RPSN Bidang Infrastruktur. Bappenas juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menindaklanjuti usulan tersebut.(*)

 

 

Penulis: Dodi Saputra