Logo

Nanas Tangkit Kini Kantongi Sertifikat Indikasi Geografis

- Kamis, 16 Mei 2024 - 22:43:21
RAGAM Nanas Tangkit Kini Kantongi Sertifikat Indikasi Geografis, PETAJAMBI.COM
Gubernur saat menyerahkan Sertifikat Indikasi Geografis untuk Komoditas Nanas di Desa Tangkit Baru, Kabupaten Muarojambi, Kamis (16/5). / Foto/Ist

JAMBI - Gubernur Jambi menyerahkan Sertifikat Indikasi Geografis untuk Komoditas Nanas yang terletak di Agrowisata Desa Tangkit Baru, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, Kamis (16/5).

Penyerahan Sertifikat Indikasi Geografis yang dikeluarkan Kemenkum HAM untuk Komoditas Nanas ini merupakan yang pertama di Indonesia, dengan Nomor Registrasi ID G 000000137.

Sebelumnya, Provinsi Jambi telah memiliki beberapa Sertifikat Indikasi Geografis seperti Kopi Robusta Jangkat Merangin, Kopi Arabika dan Kayu Manis Kerinci, serta Kopi Liberika Tungkal.

Dalam sambutan dan arahannya, Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi kedepan akan membangun Graha UMKM dan Ekonomi Kreatif.

“UMKM ini harus memiliki galeri dan promosi tersendiri, kedepan kita akan bangun graha UMKM, nantinya sebagai tempat produksi, tempat belajar, sekaligus pemasaran produk,” kata Haris.

Haris menjelaskan, Sertifikat Indikasi Geografis ini memberikan kepastian hukum dan juga kepastian terhadap keaslian produk.

“Sertifikat ini menjadi dasar hukum yang kuat bagi Komoditas Nanas Tangkit Baru, ini juga merupakan upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga sebagai daya tarik wisata produk lokal,” jelas Haris.

Ia juga menyampaikan kedepannya Pemerintah Provinsi Jambi akan membuat program replanting untuk mendukung Komoditas Duku Kumpeh.

“Kita juga punya kualitas duku yang baik, saya juga akan meminta kepada Kadis Pertanian Provinsi untuk membuat bibit baru dari Duku Kumpeh itu sendiri, kita bikin gerakan penanaman bersama sebagai salah satu program replanting,” kata Haris lagi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Muarojambi, Budhi Hartono, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang telah memperjuangkan komoditas nanas Tangkit Baru. “Alhamdulillah, penantian kita selama 10 tahun menuai hasil yang baik," kata Budhi.

Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jambi, Sri Argunaini menjelaskan, komoditas Nanas Provinsi Jambi merupakan komoditas unggulan. Dimana Nanas Tangkit Baru memiliki ciri khas dan kualitas yang sangat tinggi, hal itu tentunya semakin menambah nilai ekonomi dan meningkatkan daya saing produk.(*)

 

 

Penulis: Dodi Saputra





Tags: