Gubernur Jambi Al Haris saat meninjau jalana Batangasai, Rabu (18/9).

Pembangunan Selesai, Warga Batangasai Kini Nikmati Jalan Tanpa Hambatan

Posted on 2024-09-19 14:41:55 dibaca 10 kali

SAROLANGUN - Pembangunan jalan Batangasai di Kecamatan Batangasai, Kabupaten Sarolangun selesai dikerjakan. Warga setempat kini tidak merasakan lagi jalanan berlumpur dan rusak parah ketika melintas.

"Jalan yang diperbaiki dengan metode rigid beton dan pengaspalan ini sudah selesai pengerjaannya. Buat masyarakat di Batangasai sudah tak was-was lagi melewati jalan ini karena rusak atau berlumpur," kata Gubernur Jambi, Al Haris, Rabu (17/9).

Perbaikan jalan sepanjang 61 kilometer itu dikerjakan selama 3 tahun jamak melalui dana APBD Jambi sebesar Rp244 miliar. Pengerjaan secara hati-hati agar hasil jalan yang diperbaiki itu bertahan lama dan maksimal.

Al Haris juga menyebutkan meski jalan ini sudah diperbaiki dan bisa dilalui warga, akan tetapi warga juga diminta berhati-hati dalam berkendara. Al Haris juga merasa senang dapat menindaklanjuti keinginan warga di berbagai pelosok dalam perbaikan jalan agar bisa mulus.

"Pembangunan jalan ini murni kewajiban saya selaku gubernur, pemimpin Jambi dan hak-hak masyarakat pula untuk menikmati jalan ini," ujar Al Haris.

Selain membangun jalan penghubung bagi desa-desa di Kecamatan Batangasai, Al Haris juga sudah memperbaiki berbagai jalan penghubung lainnya dengan anggaran besar demi kesetaraan pembangunan di berbagai pelosok Jambi.

"Alhamdulilah selama ini selain jalan ini ada pula beberapa jalan lainnya yang juga kita perbaiki, dan harapan saya semua jalan yang memang menjadi kewajiban Pemerintah Provinsi dalam perbaikannya maka akan kita perbaiki sebagai bentuk kesetaraan infrastruktur," jelas Al Haris. 

Usai diperbaiki jalan penghubung di kawasan pelosok Kabupaten Sarolangun ini, warga kemudian mengadakan syukuran. Proses syukuran yang digelar warga Kecamatan Batangasai ini sebagai bentuk rasa bahagia mereka karena selama berpuluh-puluh tahun sebelum masa kepemimpinan Al Haris, jalan tersebut tak kunjung diperbaiki.

"Kami di sini warga di Kecamatan Batangasai sangat berbangga dan tentunya begitu bahagia, dan kami juga tak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi khususnya Al Haris-Abdullah Sani sebagai gubernur dan wakil gubernur yang peduli mendengar aspirasi kami untuk membangun akses jalan yang baik dan mulus selama puluhan tahun tak diperbaiki," kata tokoh masyarakat Batangasai, Muslimin.

Muslimin juga mengaku, dengan diperbaiki jalan penghubung ini tentunya juga bisa memperpendek jarak tempuh dari daerah pelosok menuju kota Sarolangun. Biasanya warga yang melintasi jalan itu bisa berjam-jam berkendara karena kondisi jalan rusak, kini sangat cepat dilalui.

"Jujur saja, biasanya kami kalau dari desa mau ke kota bisa memakan waktu lima atau enam jam perjalanan. Kini setelah jalan diperbaiki jarak itu sudah begitu dekat karena jalan mulus," kata Muslimin lagi.

Setelah akses jalan dari Kota Sarolangun menuju Batangasai dibangun, kekhawatiran warga setiap mengantar warga sakit ataupun ibu hamil ke rumah sakit tidak sulit lagi karena kondisi jalan sudah begitu mulus.

Selain itu, masyarakat di Kecamatan Batangasai kedepan juga akan termotivasi dalam mengembangkan potensi-potensi desa mereka dengan objek wisata yang dimiliki.

Sebab di Kecamatan Batangasai, di setiap desa ada potensi wisata alamnya dan tentunya bisa dikembangkan lagi karena sudah terbukanya akses jalan.(*)

 

 

Editor: Dodi Saputra
Copyright 2023 Petajambi.com

Alamat: Jl. Depati Parbo, Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Kode Pos (36129)

Telpon: -

E-Mail: petajambi574@gmail.com