Waka DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara saat bersama Menhan RI, Prabowo Subianto yang juga Presiden terpilih periode 2024-2029.

Sosok Waka DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara di Mata Sesama Anggota Dewan

Posted on 2024-08-21 20:19:40 dibaca 251 kali

JAMBI - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara tengah diterpa isu tak sedap. Ia sebelumnya dilaporkan salah staf DPRD terkait penggelapan uang perjalanan dinas stafnya tersebut. Bahkan perkara ini dibahas oleh Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Jambi. Bagaimana sosok Pinto dimata anggota DPRD lainnya?.

Zubir Dahlan, anggota DPRD Provinsi Jambi dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Dapil Kerinci-Sungaipenuh, dikonfirmasi, Rabu (21/8) mengaku sosok Pinto adalah sosok merakyat. Ia menyakini Pinto tidak seperti apa yang tengah ditudukan terhadap dirinya. Ia menyakini Pinto mampu melewati isu tersebut karena dia adalah orang yang punya intelektual tinggi.

Sebagai salah satu anggota DPRD Provinsi Jambi yang berusia paling tua di DPRD Provinsi Jambi, ia sangat-sangat mengingkan Pinto tetap dipercaya sebagai Waka DPRD pada periode selanjutnya.

Anggota DPRD Provinsi Jambi lainnya Dapil Kota Jambi, Kemas Alfarabi mengaku Pinto adalah sosok yang mengayomi. Wibawa dalam memimpin dan memiliki kemampuan dalam berinteraksi khususnya dengan petinggi-petinggi di Pemerintahan pusat.

Sebab itu, Kemas Alfarabi sangat mendukung di periode selanjutnya, Pinto dipercayakan kembali oleh Partai sebagai unsur pimpinan. Namun ia juga bepesan agar Pinto ke depan lebih berhati-hati dalam berpolitik.

Pernyataan serupa juga disampaikan Al Mashuri, Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Partai Nasdem Dapil Bungo-Tebo, Mashuri mengklaim sosok Pinto yang mengayomi adalah modal utama dirinya memimpin.

Sebab itu menurut Mashuri, Pinto sangat-sangat layak, duduk kembali sebagai unsur pimpinan di DPRD Provinsi Jambi. "Kita kita kunjungan, beliau sangat paham setiap persoalan yang dibahas. Apalagi kemampuannya tidak kalah dari pimpinan-pimpinan lain," kata Mashuri.

Royal dan Kapabilitas

Sosok Pinto yang kalem dan sederahana juga mendapat perhatian dari anggota DPRD lainnya, Lilis Ismayani dari PDI Perjuangan Dapil Bungo-Tebo, Lilis menyebut Waka Pinto selalu mementingkan anggota lain daripada kepentingan dirinya.

"Jika kita lagi dinas luar, beliau selalu yang mengeluarkan biaya untuk kita-kuta baik makan dan segala macamnya. Jadi menurut saya, pak Waka Pinto, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik," ujarnya.

Sebab itu, Lilis Ismayani masih berharap di periode selanjutnya, Pinto masih menjabat Waka DPRD. Karena sosok sederaha beliau.

Senada dikatakan Abdul Jalil, Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Partai Golkar Dapil Tanjungjabung Barat-Tanjungjabung Timur, ia menyebut Pinto adalah sosok yang punya talenta sebagai pemimpin. Sebab itu iya berharap Pinto kembali menjabat sebagai pimpinan di periode selanjutnya.

Namun ia juga berpesan agar Pinto tetap tenang ketika menghadapi berbagai persoalan. Karena menururnya semakin tinggi pohon, maka semakin kencang anggin yang akan menerpa.

Sebelumnya BK DPRD Provinsi Jambi menggelar sidang kode etik Pinto Jayanegara sebagai teradu dan memanggil Syifa, mantan Staf DPRD Provinsi Jambi yang melaporkan Pinto Jayanegara terkait penggelapqn uang perjalanan dinas staf tersebut. BK meminta keterangan dari Syifa terkait kasus tersebut.

Pinto sendiri mengaku banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan isu tersebut. Apalagi yang mengingkan dirinya lengser dari unsur pimpinan DPRD Provinsi Jambi.(*)

 

 

 

Penulis: Dodi Saputra
Copyright 2023 Petajambi.com

Alamat: Jl. Depati Parbo, Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Kode Pos (36129)

Telpon: -

E-Mail: petajambi574@gmail.com