Grand Final Duta GenRe Provinsi Jambi 2024, Kamis (18/7).

BKKBN Umumkan Top 10 Duta Genre Provinsi Jambi 2024

Posted on 2024-07-18 18:16:14 dibaca 584 kali

JAMBI - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi menggelar Grand Final Apresiasi Duta Generasi Berencana Tahun 2024 di Maulidya Convention Center (MCC), Kota Jambi, Kamis (18/7).

Kegiatan ini dihadiri Perwakilan Biro Kesra Setda Provinsi Jambi, Perwakilan Dinas P3AP2 Provinsi Jambi, Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Perwakilan Dinas Pariwisata dan Olahraga Provinsi dan Kota Jambi, Kepala OPD KB Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi ddn Ketua Tim Kerja di Lingkup Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi beserta tamu undangan lainnya.

Dalam Grand Final Apresiasi Duta GenRe itu diumumkan Top 10 Finalis Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Jambi tahun 2024.

Plh. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Yudi Hendra Musrizal menjelaskan, salah satu program BKKBN dalam upaya meningkatkan kualitas hidup adalah mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe).

Program GenRe merupakan Program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan Napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan.

Untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi Program GenRe, diperlukan figure motivator dari kalangan remaja. Figure inilah yang disebut dengan Duta Genre. Duta GenRe merupakan pemuda-pemudi unggul, berwawasan luas, berjiwa sosial dan mampu berorganisasi serta berkontribusi dalam membangun generasi berencana untuk mewujudkan pendidikan inklusif dan berkualitas yang setara untuk semua, demi menyongsong pembangunan berkelanjutan di era persaingan global.

Salah satu peran Duta GenRe adalah dalam upaya berkontribusi dalam penurunan angka stunting di Provinsi Jambi khususnya dan Indonesia pada umumnya sehingga bisa mencapai 14 persen pada tahun 2024 ini seperti yang telah ditargetkan oleh pemerintah, yaitu melalui pemberian informasi, edukasi, sosialisasi dan advokasi kepada sesama remaja khususnya pada kelompok PIK-Remaja di seluruh Provinsi Jambi, tentang pentingnya penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR), kesehatan reproduksi remaja dan penundaan usia pernikahan.

"Karena seperti yang kita ketahui bahwa pernikahan usia anak sendiri menempatkan remaja putri sebagai calon ibu dalam risiko melahirkan anak stunting," kata Yudi.

Ia menyebut pemilihan Duta Genre Provinsi Jambi Tahun 2024, telah melewati beberapa tahapan yang telah dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, tertulis, wawancara dan karantina serta tahapan final yang saat ini diselenggarakan.

"Hal ini dilakukan guna mendapatkan Duta GenRe yang memang berkualitas, selain memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam substansi Program GenRe dan Bangga Kencana, juga terpilih Duta GenRe yang berkarakter yang berketahanan, attitude yang baik dan senantiasa menyebarkan hal-hal positif kepada teman-teman sebayanya, lingkungan maupun masyarakat di sekitarnya," kata Yudi menjelaskan.

Dari 237 orang pendaftar dan kemudian mengikuti tahapan demi tahapan seleksi, didapat 15 pasang terbaik finalis. Selanjutnya tim dewan juri kembali melakukan seleksi guna mencari 5 pasang terbaik atau Top 10 yang dinobatkan sebagai Duta GenRe Provinsi Jambi Tahun 2024.

"Saya ucapkan selamat kepada para finalis semoga memperoleh banyak manfaat dan pengetahuan dari kegaiatan ini dan siapapun yang nanti akan terpilih, anda adalah duta yang akan mengembang amanah ini dengan sebaik-baiknya dan bagi yang belum terpilih nantinya jangan berkecil hati karena kalian semua adalah pemenangnya. Berikan contoh yang baik dimanapun kalian berada, hormati orangtua, sayangi keluarga serta jadilah role model di lingkungan sosial manapun," ujar Yudi.

Selain itu, Yudi juga menjelaskan, dalam konteks pembangunan manusia, pembinaan remaja memiliki peran yang strategis. Pertama, karena remaja merupakan individu-individu penduduk usia produktif yang pada saatnya kelak akan menjadi subjek/pelaku pembangunan sehingga harus disiapkan agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Kedua, karena remaja merupakan calon pasangan yang akan membangun keluarga dan calon bagi orangtua bagi anak-anak yang dilahirkannya sehingga perlu persiapan agar memiliki perencanaan dan kesiapan berkeluarga.

"Kesiapan berkeluarga merupakan salah satu kunci terbangunnya ketahanan keluarga dan keluarga yang berkualitas sehingga diharapkan mampu melahirkan generasi yang berkualitas pula," ujar Yudi.

BKKBN Jambi lanjut Yudi juga mengucapkan terimakasih kepada Dewan Juri yang sudah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran sehingga pemilihan Duta GenRe dapat terselenggara dengan baik.

"Dan tak lupa pula pada kesempatan ini kami juga mengucapkan terimakasih kepada para sponsor yang yang telah mendukung dalam pelaksanaan kegiatan ini. Serta para alumni Duta Genre yang tergabung dalam Forum Genre Jambi yang juga turut menyukseskan penyelenggaraan Apresiasi Duta Genre Provinsi Jambi Tahun 2024 ini," tutup Yudi.(*)

 

 

 

Penulis: Dodi Saputra
Copyright 2023 Petajambi.com

Alamat: Jl. Depati Parbo, Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Kode Pos (36129)

Telpon: -

E-Mail: petajambi574@gmail.com