Gelaran event Festival Batanghari 2024 di RTH Putri Pinang Masak, Kota Jambi, Jumat (5/7) malam.

Festival Batanghari, Upaya Menjaga Peradaban dan Menyejahterakan Masyarakat

Posted on 2024-07-06 13:43:57 dibaca 849 kali

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pariwisata resmi menyelenggarakan Festival Batanghari 2024 yang dibuka langsung Gubernur Jambi, Al Haris, Jumat (5/7) malam.

Festival Batanghari Tahun 2024 yang menjadi event tahunan Provinsi Jambi itu digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Pinang Masak kawasan Pasar Kota Jambi.

Festival Batanghari 2024 Karisma Event Nusantara (KEN) dengan tema "Semakin Dilestarikan Semakin Mensejahterakan" itu berlangsung mulai 5 hingga 8 Juli 2024.

Gubernur Jambi Al Haris didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj Hesnidar Haris dalam kesempatan itu menyatakan, dengan adanya Festival Batanghari bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam menyajikan bermacam-macam kuliner khas daerah masing-masing serta mengangkat budaya dan kearifan lokal masyarakat khas daerah Aliran Sungai Batanghari ditampilkan lewat event tersebut.

Haris menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang telah banyak membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam bidang kepariwisataan.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi saya ucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf, semoga tingkat kunjungan wisata di Provinsi Jambi semakin baik dan omset kita semakin baik dalam rangka memulihkan ekonomi dalam bidang wisata, yang selama ini terpuruk dikarenakan menanggung imbas dari merosotnya industri pariwisata akibat pandemi COVID-19," kata Haris.

Ia juga mengungkapkan, Provinsi Jambi banyak sekali potensi wisata yang bisa dikembangkan, baik itu wisata alam, budaya dan juga sejarah yang tidak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia seperti Candi Muara Jambi, Gunung Kerinci tertinggi di Asia tenggara dan Geopark Merangin serta goa-goa.

"Kemungkinan tidak banyak daerah lain punya, saat ini Candi Muara Jambi dalam pemugaran dari pemerintah pusat. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim yang telah banyak menggelontorkan dana untuk Jambi dalam pemugaran Candi Muara Jambi, yang Insya Allah diakhir tahun nanti bisa diresmikan oleh Presiden," kata Haris menjelaskan.

Haris juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, perangkat daerah terkait, seluruh komunitas budaya, penggiat aktivis lingkungan dan seluruh masyarakat Provinsi Jambi atas dukungan dan peran sertanya sehingga Festival Batanghari kembali terkurasi masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2024 Kementerian Parekraf.

Haris juga memaparkan wisata yang tidak kalah menarik dari Kabupaten Tanjungjabung Barat yaitu Festival Arakan Sahur. Selain itu Provinsi Jambi juga didatangi investor dari Korea Selatan yang tertarik mengembangkan Danau Sipin yang berada di tengah pusat kota.

"Kemarin ada Investor dari Korea Selatan berminat mengembangkan Danau Sipin dan kami sudah buat MoU, sementara nantinya ibu Wali Kota untuk menindaklanjuti. Selain itu Provinsi Jambi juga ada tiga bandara, untuk para wisatawan datang ke Jambi, pertama Bandara Sultan Thaha Jambi, Bandara Bungo dan Bandara Departi Parbo Kerinci. Kita juga mengharapkan pemerintah pusat segera memperpanjang Runway di bandara yang ada agar semua pesawat bisa masuk ke Jambi ini," papar Haris.

Menurutnya lagi, rangkaian kegiatan yang terus ditingkatkan akan mengangkat budaya dan kearifan lokal masyarakat khas Daerah Aliran Sungai Batanghari. Kemudian lewat event bertaraf nasional tersebut juga diharapkan dapat menjadi upaya bersama untuk mengangkat kembali peradaban Sungai Batanghari, mendorong gerakan kolektif seluruh komponen masyarakat untuk turut melestarikan tradisi dan kebudayaan masyarakat pinggiran Sungai Batanghari dan sebagai objek pendukung pariwisata Sungai Batanghari.

Sebab itu Haris berharap melalui event Festival Sungai Batanghari 2024 dapat menggerakkan ekonomi kreatif yang mengangkat keunggulan lokal sehingga semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik secara ekonomi maupun membentuk karakter masyarakat Provinsi Jambi yang berbudaya dan mencintai lingkungannya.

"Saya mengajak seluruh masyarakat disepanjang kawasan wilayah aliran Sungai Batanghari, khususnya masyarakat Provinsi Jambi, bersama dengan pemerintah daerah, untuk turut melibatkan diri dalam upaya pelestarian Sungai Batanghari. Mari kita bangun kebanggaan dan rasa memiliki terhadap Sungai Batanghari. Kita manfaatkan semua potensinya dengan arif dan menjaganya secara bersama, demi kesejahteraan masyarakat serta demi generasi masa depan," tegas Haris lagi.

Ia menambahkan, melalui KEN 2024 yakni Festival Batanghari dan Festival Arakan Sahur khas masyarakat Tanjungjabung Barat akan semakin meningkatkan value Provinsi Jambi dimata nasional dan global, meningkatkan pergerakan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan destinasi wisata, produk unggulan serta keberagaman budaya Provinsi Jambi dan menggerakkan UMKM Provinsi Jambi.

Sementara itu, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Parekraf, Nia Niscaya yang juga hadir dalam pembukaan Festival Batanghari tersebut mengatakan, ada 2 event di Provinsi Jambi yang masuk dalam kalender KEN dan pencapaian itu tidaklah mudah.

"Ini tidak mudah, sudah melalui penilaian yang sangat ketat yang dilakukan oleh tim penilai, untuk itu kami akan memberikan piagam penghargaan kepada Provinsi Jambi," kata Nia.

Ia juga menyebut produk kuliner dan produk kreatif Jambi sangat mendukung Provinsi Jambi dalam dunia pariwisata, dan itu akan menjadi nilai tambah bagi parawisata nusantara.

Dalam pembukaan Festival Batanghari 2024 tersebut, Nia Niscaya bersama Gubernue Jambi juga menyerahkan sertifikat kepada para bupati/wali kota yang daerahnya mengalami peningkatan pariwisata. Yakni Kota Jambi, Kabupaten Merangin dan Kabupaten Kerinci.

Seperti diketahui, pembukaan Festival Batanghari 2024 turut dihadiri Anggota DPR RI Dapil Jambi Hasan Basri Agus (HBA), para bupati/wali kota se-Provinsi Jambi, para perwakilan dari provinsi tetangga, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, para Unsur Forkopimda Provinsi Jambi, para OPD Provinsi Jambi dan Kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota se-Provinsi Jambi serta para tamu undangan lainnya.(*)

 

 

 

 

 

 

Penulis: Dodi Saputra
Copyright 2023 Petajambi.com

Alamat: Jl. Depati Parbo, Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Kode Pos (36129)

Telpon: -

E-Mail: petajambi574@gmail.com