Logo

Bawaslu Jambi Mitigasi Potensi Sengketa Tahapan Pencalonan di Pilkada 2024

- Rabu, 28 Agustus 2024 - 00:45:11
RAGAM Bawaslu Jambi Mitigasi Potensi Sengketa Tahapan Pencalonan di Pilkada 2024, PETAJAMBI.COM
Media gathering Bawaslu Jambi bersama media, Selasa (27/8). / Foto/Dodi Saputra

JAMBI - Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, M Hapis mengatakan, Bawaslu Provinsi dan kabupaten/kota siap melakukan pengawasan dan telah memetakan berbagai potensi-potensi sengketa pada tahapan pencalonan Kepala Daerah pada Pilkada serentak tahun 2024 di Provinsi Jambi.

"Bawaslu hari ini sudah siap melakukan pengawasan," kata Hapis dalam Media Gathering bersama Media di Jambi, Selasa (27/8).

Lanjutnya, Bawaslu kabupaten/kota sudah siap dengan semua elemen. Dia menegaskan Bawaslu secara sistem sudah siap untuk melakukan pengawasan.

Hapis menyampaikan saat ini Bawaslu fokus pada pelanggaran-pelanggaran seperti keterlibatan ASN, politik SARA dan politik jdentitas. Oleh karenanya Bawaslu melakukan upaya pencegahan dengan perjanjian kerja sama dengan berbagai pihak.

"Kalau untuk sekarang kita fokus untuk pelanggaran-pelanggaran seperti keterlibatan ASN, kemudian politik SARA dan politik Identitas itukan agenda-agenda nasional yang memang ditemukan di Bawaslu RI dan kami di Jambi melakukan pencegahan-pencegahan dengan membuat perjanjian kerja sama dengan berbagai pihak. Pilkada ini bukan hanya tugas kami sebagai penyelenggara tetapi adalah beban moril bagi masyarakat Jambi secara utuh," ujarnya.

Kemudian Hapis juga mengatakan dalam menjaga integritas sebagai penyelenggara, Bawaslu juga butuh sinergi dengan semua pihak.

"Kita juga sampaikan ke publik untuk masyarakat Jambi jangan sungkan memberikan informasi bagi kami Bawaslu sehingga kami bisa melakukan pengawasan ini. Dan kita tetap menjaga integritas penyelenggara terutama Bawaslu sampai ke tingkat bawah," ujarnya lagi.(*)

 

 

 

Penulis: Dodi Saputra