Logo

Alasan Tidak Digelarnya Laga Perancis Vs Belanda di Perebutan Juara 3 Euro 2024

- Kamis, 11 Juli 2024 - 13:49:06
RAGAM Alasan Tidak Digelarnya Laga Perancis Vs Belanda di Perebutan Juara 3 Euro 2024, PETAJAMBI.COM
Euro 2024 - Ilustrasi Semifinal Euro 2024 (Bola.com/Adreanus Titus) / (Bola.com/Adreanus Titus

Petajambi.com - Dipastikan tidak ada perebutan juara 3 di Euro 2024. Tim-tim yang kalah di semifinal tidak akan bertanding lagi. Jadi, hanya satu pertandingan yang tersisa di turnamen kali ini, babak final.

Kamis 11 Juli 2024, duel semifinal kedua dimainkan di Signal Iduna Park. Kali ini, Inggris berhasil mencetak gol di injury time untuk mengalahkan Belanda dengan skor 2-1.

Sebelumnya, Rabu 10 Juli 2024, Spanyol juga menang dengan skor 2-1 atas Prancis. Kemenangan Spanyol masih lebih meyakinkan. Sejauh ini, Spanyol masih jadi favorit juara utama.

Nah duel final Euro 2024 bakal menyuguhkan laga top Spanyol vs Inggris. Pertandingan ini bakal ditunggu-tunggu. Jutaan pasang mata fans sepak bola di seluruh dunia bakal menyaksikan.

Sayangnya, tidak ada pertandingan lagi untuk Prancis dan Belanda. Dua tim yang gagal di semifinal itu harus pulang. Tidak ada laga perebutan juara 3.

Memang dahulu masih ada duel perebutan juara 3 di Euro. Namun, laga ekstra ini terakhir dimainkan pada edisi tahun 1980. Sejak saat itu, UEFA memutuskan mencoret laga perebutan juara tiga.

Di tahun tersebut, ada duel Cekoslovakia vs Italia di perebutan juara 3 Euro 1980. Pertandingan berakhir imban 1-1 di waktu normal. Lanjut ke babak adu penalti, Cekoslovakia menang dengan skor 9-8.

Masalahnya, pertandingan tersebut tidak begitu diperhatikan. Penonton di stadion jauh di bawah target. Jumlah penonton televisi juga sangat sedikit.

Alhasil, seja saat itu, UEFA memutuskan untuk tidak lagi memainkan duel perebutan juara tiga di kompetisi Eropa alias Euro.

Seiring dengan dihapusnya laga perebutan juara tiga. UEFA juga meniadakan pemberian medali perungggu untuk tim peringkat tiga.

Ada sedikit perubahan pada Euro 2008. Saat itu, dua tim yang kalah di semifinal (Turki dan Rusia) masih mendapatkan medali perunggu. Tradisi yang sama juga dilakukan di Euro 2012.

Namun, medali tersebut dianggap tidak memberi arti lebih terhadap tim yang kalah. Alhasil, mulai Euro 2016 hingga sekarang, tidak ada lagi medali perunggu untuk tim yang kalah di semifinal.

Saat ini, Piala Dunia masih menyelenggarakan laga perebutan juara tiga. Copa America pun demikian, masih ada laga perebutan juara tiga.

UEFA jadi satu-satunya penyelenggara turnamen mayor yang mencoret pertandingan tersebut. Meski tentu ada kemungkinan perubahan di masa mendatang, seandainnya fans menuntut adanya pertandingan.(*)

 

 

 

 

 

Editor: Dodi Saputra

Sumber: Bola.net





Tags: