Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Imron Rosyadi berdiri di samping replika Keris Siginjei yang menjadi salah satu koleksi di Museum Siginjei Jambi.

Kenduri Swarnabhumi, Museum Siginjei Pamerkan 100 Koleksi Ragam Hias Jambi

Posted on 2024-09-19 23:16:31 dibaca 14 kali

JAMBI - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi melalui UPTD Museum Siginjei menggelar Pameran Ragam Hias Jambi dalam rangka Kenduri Swarnabhumi dengan mengusung tema "Museum Dikenal, Sejarah Dijaga, Budaya Lestari".

UPTD Museum Siginjei memamerkan sekitar 100 koleksi museum dalam Pameran Ragam Hias Jambi tahun 2024 itu. Diharapkan melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap sejarah budaya Jambi.

Pameran Ragam Hias Jambi itu dibuka Staf Ahli Gubernur Jambi, Muktamar Hamdi didampingi Kepala Disbudpar Provinsi Jambi Imron Rosyadi bersama Kepala Museum Siginjei, Ervin Aprianti.

Kepala Disbudpar Provinsi Jambi, Imron Rosyadi menjelaskan, Pameran Ragam Hias Jambi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kebudayaan Jambi melalui 100 koleksi Ragam Hias Jambi yang disajikan mulai dari masa pra sejarah, ragam hias masa klasik, kemudian ragam hias masa Islam dan ragam hias batik serta lainnya.

Selain kegiatan Pameran Ragam Hias, Disbudpar juga menyelenggarakan kegiatan pendukung lainnya yaitu Lomba lagu daerah, lomba fashion kreasi batik Jambi dan dialog budaya.

Imron berharap dari seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, tentunya dapat meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat terhadap sejarah kebudayaan Jambi khususnya tentang Ragam Hias Jambi.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Jambi, Muktamar Hamdi menyambut baik kegiatan Pameran Ragam Hias Jambi ini dalam upaya mendorong mahasiswa dan pelajar untuk lebih memberikan apresiasi terhadap nilai-nilai kebudayaan Jambi yang selama ini mungkin tidak terekspos dengan baik.

"Sehingga dengan adanya kegiatan ini para generasi muda dapat melihat budaya daripada nenek moyang di Jambi dan ini merupakan cerminan daripada kemajuan peradaban Jambi masa lalu yang harus dilestarikan," kata Muktamar Hamdi.(*)

 

 

 

Penulis: Dodi Saputra
Copyright 2023 Petajambi.com

Alamat: Jl. Depati Parbo, Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Kode Pos (36129)

Telpon: -

E-Mail: petajambi574@gmail.com