Gubernur Jambi Al Haris menyerahkan piala kepada kabupaten pemenang lomba saat oeringatan HKP ke-51 tahun 2023 di Kota Jambi, Kamis (16/11).

Gubernur Jambi Minta Kabupaten/Kota Tingkatkan Pengetahuan Petani

Posted on 2023-11-16 20:21:45 dibaca 336 kali

JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris minta kepala daerah di Jambi untuk meningkatkan pengetahuan petani tentang pengolahan lahan agar produksi cepat dan meningkat. Salah satunya dengan penggunaan teknologi modern.

Hal tersebut disampaikan Al Haris saat puncak peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-51 tingkat Provinsi Jambi, yang digelar di kawasan Danau Sipin Kota Jambi, Kamis (16/11).

Haris berharap seluruh petani tanaman pangan dan hortikultura di Jambi bisa mengelola lahan pertanian hingga produksi dengan menggunakan teknologi modern.

"Agar mampu meningkatkan produksi pertanian seperti padi, cabai dan bawang merah. Namun hal tersebut harus didukung dengan ketersediaan alat dan pengetahuan petani itu sendiri," kata Haris.

Sebab itu, dalam puncak peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) tingkat Provinsi Jambi, Kamis (16/11) itu, Haris minta bupati/walikota untuk komitmen meningkatkan bidang pertanian di wilayah masing-masing. Salah satunya dengan ketersediaan anggaran dan pelatihan-pelatihan para petani.

"Karena kita akui bahwa masih banyak mereka minim ilmu, maka banyak kan studi tiru ke luar daerah agar bisa melihat bagaimana perkembangan daerah lainnya, nanti pulang dia bisa terapkan di daerahnya," kata Haris.

Haris juga mengungkapkan, dek pertumbuhan ekonomi Jambi triwulan III tahun 2023 yang mencapai 4,9 persen, 1,9 persen disumbangkan dari sektor pertanian. "Sebab itu sektor pertanian perlu diperkuat lagi, baik peralatan maupun sumber daya manusianya," ujarnya.

Sementara dalam puncak peringatan HKP tingkat Provinsi Jambi itu, Haris juga menyerahkan bantuan mesin pertanian, bantuan bibit ternak, benih padi serta sarana produksi cabai merah dan bawang merah kepada 11 kabupaten/kota.

Selain itu, gubenur juga menabur benih ikan gurami di Danau Sipin Kota Jambi. Kemudian ada kegiatan penyerahan hadiah kepada pemenang berbagai macam lomba dan juara umum dalam HKP ke 51 tingkat Provinsi Jambi.(*)

 

Penulis: Dodi Saputra
Copyright 2023 Petajambi.com

Alamat: Jl. Depati Parbo, Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Kode Pos (36129)

Telpon: -

E-Mail: petajambi574@gmail.com