Logo

Al Haris Akui Maju Pilgub Jambi Karena Soal Tanggungjawab Bangun Daerah Berkelanjutan

- Kamis, 29 Agustus 2024 - 14:32:25
Peta Politik Al Haris Akui Maju Pilgub Jambi Karena Soal Tanggungjawab Bangun Daerah Berkelanjutan, PETAJAMBI.COM
Zikir dan doa bersama Tim Pemenangan bersama Haris-Sani sebelum mendaftar ke KPU, Rabu (28/8). / Foto/Dodi Saputra

JAMBI- Gubernur Jambi Al Haris mengakui bahwa dirinya kembali maju di Pilkada 2024 ini karena persoalan tanggung jawab. Sebagai pemimpin Jambi yang masih aktif dirinya merasa mesti mewujudkan pembangun daerah yang berkelanjutan.

"Saya katakan jika maju nya kami kembali di Pilgub Jambi ini karena ingin melanjutkan program-program yang mesti diselesaikan karena itu sebagai tanggungjawab kami," kata Al Haris, Kamis (29/8).

Al Haris menyebut selama dirinya menjabat Gubernur Jambi selalu banyak kritikan. Namun bagi dia kritikan itu tidak menjadikannya tutup mata melainkan menjadi bahan evaluasinya

"Memang selalu ada kritikan tetapi jadikan itu langkah awal yang akan kami lakukan. Yang pasti niat kami adalah melanjutkan program-program yang dinilai berhasil di masa lalu," ujar Al Haris.

Al Haris juga menambahkan, bahwa pentingnya keselarasan program antara pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Menurutnya koordinasi antara pusat dan daerah harus berjalan harmonis aga program yang direncanakan dapat diimplementasikan hingga ke tingkat kabupaten dan kota di Jambi.

"Nah dari sinergi ini akan mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi secara menyeluruh," terang dia

Al Haris menegaskan bahwa akan lebih berfokus pada program prioritas yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Jika nanti diberi amanah lagi oleh masyarakat Jambi buat memimpin Jambi tujuan utama Al Haris ialah memastikan bahwa setiap program yang dijalankan benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Ini bukan sekadar janji, tetapi ini komitmen saya,” tuturnya.

Diketahui, Al Haris dilantik sebagai Gubernur Jambi pada 7 Juli 2020 lalu. Dia memimpin Jambi yang terbilang tak genap selama 5 tahun.

Sejak dilantik di awal kepemimpinan, Al Haris juga harus menghadapi persoalan COVID-19. Penanganan hingga pemulihan jadi fokus yang harus dikerjakan oleh dia waktu itu.

Saat ini, Al Haris hanya menyebutkan bahwa begitu pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menentukan masa depan Jambi kedepan.

“Pilkada ini adalah pesta demokrasi kita semua. Saya berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak untuk masa depan Jambi yang lebih baik,” ujar Al Haris.

Sejauh ini, Al Haris dan Abdullah Sani sudah resmi mendaftarkan diri di Pilgub Jambi ke KPU pada Rabu (28/8). Al Haris-Sani yang diusung dengan koalisi gemuk yakni 8 parpol parlemen seperti PAN, PPP, PKB, PKS, Demokrat, PDIP, Gerindra dan Golkar

Lalu 6 parpol non parlemen yakni Perindo, Hanura, Partai Buruh, Partai Ummat, Partai Garuda dan Partai Bulan Bintang (PBB). Pendaftaran Al Haris-Sani itu juga dinyatakan KPU memenuhi syarat pendaftaran.

Dalam Pilgub Jambi ini Al Haris-Abdullah Sani sebagai petahana akan berhadapan dengan pendatang baru yang merupakan Bupati Tanjungjabung Timur Jambi, Romi Hariyanto dan Letjen TNI (Purn) Sudirman yang diusung 1 parpol parlemen NasDem dan 3 parpol non parlemen PSI-Gelora dan PKN.(*)

 

 

 

Penulis: Dodi Saputra