Logo

Desa Wisata Buluh Perindu Terpilih jadi Desa Wisata Terbaik Versi ADWI

- Selasa, 25 Juni 2024 - 13:06:26
Pariwisata / Budaya Desa Wisata Buluh Perindu Terpilih jadi Desa Wisata Terbaik Versi ADWI, PETAJAMBI.COM
Desa Wisata Buluh Perindu di Kabupaten Kerinci. / FOTO/Ist

KERINCI - Desa Wisata Buluh Perindu Desa Baru Semerah di Kecamatan Tanah Cogok, Kabupaten Kerinci terpilih dalam 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia yang merupakan ajang bergengsi bagi Desa Wisata seluruh Indonesia.

Desa Baru Semerah ditetapkan sebagai desa wisata sejak tahun 2023 lalu melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Pokdarwis Buluh Perindu Desa Baru Semerah, sektor pariwisata yang sedang ditonjolkan Potensi wisata yang terdapat di sana diantaranya Hutan Bambu, ekonomi kreatifnya berasal dari bambu (Kerajinan Bambu, suasana alam pedesaan berupa pemandangan sawah-sawah, homestay terbuat dari bambu dan atraksi seni budaya.

Kemenparekraf mengumumkan 50 Desa Wisata terbaik di akun media sosial official ADWI yaitu @anugerahdesawisataindonesia pada Minggu, 26 Mei 2024. 50 Desa Wisata tersebut tersebar di seluruh Indonesia.

Seperti yang diketahui, ADWI merupakan ajang penghargaan bagi desa wisata terbaik di Indonesia. Dalam pelaksanaan ADWI 2024 ini mengambil tema 'Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia' yang melibatkan beberapa kategori penilaian yang harus dipenuhi seluruh peserta antara lain daya tarik, amenitas, digital, kelembagaan dan SDM, serta pengelolaan berkelanjutan.

Setiap desa wisata juga harus memiliki kemampuan pengelolaan berkelanjutan, ekonomi berkelanjutan, keberlanjutan budaya dan aspek lingkungan serta wajib menyediakan informasi potensi wisatanya, atraksi, paket wisata dan lainnya.

ADWI 2024 ini terbagi kedalam 7 kategori yaitu Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, Desa Wisata Mandiri, Desa Wisata Kreatif dan Desa Wisata Berkelanjutan.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengatakan ADWI 2024 bertujuan untuk mendorong pengembangan desa wisata di Indonesia, meningkatkan daya saing desa wisata, dan menjadikan desa wisata sebagai lokomotif ekonomi kreatif di pedesaan. Kompetisi ADWI ini cukup menarik, terbukti, 6.010 desa wisata mengikuti kompetisi ini.(*)

 

 

Penulis: Dodi Saputra