Logo

205 Desa Nikmati Program Internet Gratis Pemprov Jambi

- Jumat, 31 Mei 2024 - 13:50:37
RAGAM 205 Desa Nikmati Program Internet Gratis Pemprov Jambi, PETAJAMBI.COM
Salah satu desa di Provinsi Jambi yang menerima fasilitas internet gratis Pemprov Jambi. / Foto/Ist

JAMBI - Program Internet Gratis Desa oleh Pemerintah Provinsi Jambi terus Berlanjut di tahun 2024. Saat ini 205 desa sudah menikmati program tersebut.

Program internet gratis model Vsat, Biber optik (PO) kabel, atau melalui triangle tower radio di bawah kendali Dinas Kominfo (Diskominfo) provinsi Jambi ini merupakan visi misi "Jambi Mantap" yang digagas Gubernur Jambi Al Haris dan Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani.

Program tersebut sudah berjalan sejak tahun 2022 dan telah menyasar ke seluruh pelosok Desa di Jambi. Internet gratis itu memiliki tujuan utama untuk memperlancar komunikasi di desa, terutama untuk memaksimalkan potensi pasar bagi produk desa.

“Dengan adanya internet, produk-produk desa bisa lebih mudah dijual ke luar daerah. Kami fokuskan program ini terutama di desa-desa yang masih memiliki keterbatasan akses internet,” kata Haris belum lama ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi, Ariansyah mengatakan, pada tahun 2024 ini pihaknya menargetkan 80 titik Internet gratis masuk desa.

“Pada tahun 2022, kami telah memasang internet gratis di 105 titik, tahun 2023 di 100 titik dan di tahun 2024 ini kami targetkan 80 titik baru,” kata Ariansyah.

Program ini, kata Ariansyah diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam peningkatan kualitas komunikasi dan perekonomian di desa-desa di Jambi, sejalan dengan komitmen pemerintah provinsi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, Pemprov Jambi juga menargetkan 11 tower ripidter terbangun pada tahun 2024 ini. "Tujuannya sarana sebagai penguat atau penarik sinyal dari base transceiver station (BTS) tower utama yang dibangun pemerintah pusat. Sehingga dengan alat bantu yang dibangun Pemprov, masyarakat yang jauh dari BTS bisa terlayani sinyal," jelasnya.(*)

 

 

Penulis: Dodi Saputra