Logo

Siginjai 2024, Upaya BI Jambi Perkuat UMKM dan Ekonomi Syariah

- Jumat, 03 Mei 2024 - 09:17:43
Ekonomi Siginjai 2024, Upaya BI Jambi Perkuat UMKM dan Ekonomi Syariah , PETAJAMBI.COM
Opening ceremony Siginjai 2024, Kamis (2/5). / Foto/Ist

JAMBI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Kamis (2/5) menggelar Semarak Ekonomi dan Keuangan Syariah Negeri Jambi (Siginjai) 2024 yang di pusatkan di Mall Jamtos, Kota Jambi.

Opening ceremony Siginjai 2024 yang digelar, Kamis (2/5) itu bertema “Sinergi untuk Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan UMKM serta Ekonomi Syariah Jambi”. Kegiatan juga dihadiri Sekda Provinsi Jambi Sudirman dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hesti Haris.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Warsono dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan Siginjai 2024 yang berlangsung 1 hingga 5 Mei 2024 itu merupakan kegiatan yang menjadi bagian semarak perayaan road to FESyar (Festival Ekonomi Syariah) wilayah Sumatera yang akan digelar 26 Mei Hingga 2 Juni 2024 mendatang di Kota Batam, dan juga Karya Kreatif Indonesia (KKI) salah satu flagship event BI untuk UMKM Indonesia yamg akan diselenggarakan pada Juli 2024 di Jakarta.

Pada penyelenggaraan Siginjai 2024 di Jambi, dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya pameran keuangan syariah dan UMKM unggulan Jambi, talkshow UMKM dan ekonomi syariah, pendampingan sertifikasi halal bagi UMKM, perlombaan/kompetisi syariah sebagai persiapan kompetisi pada FESyarSumatera 2024 dan hiburan yang akan dimeriahkan oleh GIGI.

Adapaun kegiatan pameran UMKM unggulan Jambi diikuti oleh 46 UMKM terdiri dari 23 UMKM makanan dan minuman, 17 UMKM produk wastra/fashion, 6 UMKM kriya serta 6UMKM/klaster komoditas kopi unggulan Jambi.

Sementara itu, sebagai upayapenguatan keuangan syariah, diselenggarakan pameran keuangan syariah yang mengadirkan 8 Institusi Jasa Keuangan (IJK) melalui sinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, sebagai dukungan pada penguatan penerapan halal lifestyle, di antaranya melalui halal food, KPw BI Provinsi Jambi bekerjasama dengan Satgas Halal Kanwil Kemeterian Agama Provinsi Jambi akan melaksanakan kegiatan pendampingan dan fasilitasi sertifikasi halal bagi UMKM kategori makanan dan minuman.

"Selama event ini juga akan dilaksanakan talkshow UMKM dan ekonomi syariah Jambi dengan akan menghadirkan narasumber tingkat nasional maupun regional, darikalangan otoritas/organisasi/pelaku usaha/pesantren yang akan berbagi insight terkait perkembangan UMKM dan ekonomi syariah Jambi terkini, serta kebijakan dalam upaya mendorong perkembangan UMKM dan eksyar yang lebih pesat lagi," kata Warsono.

Tidak hanya itu, dalam penyelenggaraan Siginjai 2024, KPw BI Provinsi Jambi juga bersinergi dengan komunitas penggiat wastra yang ada di Kota Jambi dalam bentuk kolaborasi dengan Jambi Fashion Society (JFS), pesantren binaan, dan Sekolah Menengah Kejuruan/sederajat.

"Sebelum event ini, kami telah melaksanakan pelatihan desainbaju muslim pada 22-23 April 2024, dengan menghadirkan fashion designer tingkat nasional, Deden Siswanto. Pelatihan tersebut merupakan salah satu komitmenBank Indonesia dalam mendukung Pengembangan industri kreatif melaluipeningkatakan keandalan desainer lokal dan pelaku UMKM di kategori fashion sehingga mampu bersaing dan mempromosikan wastra unggulan daerah ke tingkat nasional maupun internasional," jelas Warsono.

Hasil pelatihan desain dari peserta yang terpilih ditampilkan pada fashion show pembuka kegiatan Siginjai 2024. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menunjukkan eksistensi karya desainer muda Jambi sebagai upaya mengangkat produk wastra sekaligus sebagai persiapan menuju event yang lebih besar yaitu FESyar Sumatera, ISEF dan KKI 2024.

Warsono juga berharap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jambi dapat menjadi salah satu peluang yang dapat dikembangkan untuk perekonomian Jambi. Hal ini sangat memungkinkan mengingat besarnya potensi yang dimiliki serta animo masyarakat Jambi dalam penerapan halal lifestyle termasuk di dalamnya penggunaan produk dan layanan perbankan syariah.

Bank Indonesia lanjut Warsono, berkomitmen untuk terus berperan dalam pengembangan ekonomidan keuangan syariah melalui berbagai inisiasi dan inovasi program pengembangan eksyar salah satunya dengan penyelenggaraan kegiatan Siginjai yang diharapkan mampu menjadi gambaran miniatur ekosistem halal di Provinsi Jambi.

Warsono menambahkan, percepatan pengembangan UMKM dan ekonomi keuangan Syariah di Jambi tentunya membutuhkan sinergi dari berbagai pihak. Sebab itu, Bank Indonesia lanjut Warsono, terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah daerah dan otoritas terkait untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah guna mendukung tercapainya visi untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah global.(*)

 

 

 

Penulis: Dodi Saputra





Tags: