Logo

Catat, Ini Jadwal Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Jambi Tahun 2024

- Rabu, 24 April 2024 - 11:44:21
RAGAM Catat, Ini Jadwal Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Jambi Tahun 2024, PETAJAMBI.COM
Arsip - Pemberangkatan calon jamaah haji tahun lalu. / Foto/Petajambi.com

JAMBI - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah menyusu rencana jadwal pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Sesuai jadwal, pemberangkatan kelompok terbang JCH Provinsi Jambi mulai 2 Juni 2024 mendatang.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, H. Wahyudi Abdul Wahab menjelaskan, dari total kuota CJH Jambi sebanyak 3.115 orang, terdiri dari 3.080 JCH dan 35 petugas haji yang dibagi dalam 7 kelompok terbang.

Kelompok terbang dari Provinsi Jambi tersebut akan diberangkatkan secara bergantian hingga 10 Juni 2024 mendatang dari Asrama Haji Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Jambi. Namun jamaah terlebih dahulu mengikuti rangkaian prosesi pemberangkatan dan pelayanan satu pintu yang telah diatur oleh panitia pemberangkatan haji Provinsi Jambi.

Kloter pertama hingga keenam direncanakan berisi 450 orang JCH termasuk petugas. Sedangkan dalam kloter ketujuh direncanakan berisi 415 JCH termasuk petugas yang telah dipilih. Para CJH pun diberi kesempatan untuk mempersiapkan diri dengan segala perlengkapan haji hingga pada waktunya siap diberangkatkan sesuai cara yang telah diatur sedemikian rupa.

Kanwil Kemenag Jambi berharap agar seluruh persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1445 dapat dilaksanakan sebaik mungkin demi memberikan pelayanan maksimal bagi para jamaah. Selain itu, dalam minggu ini Kanwil Kemenag Jambi akan menyelesaikan pengajuan pra manifest untuk penerbitan visa para calon jamaah haji dari Provinsi Jambi untuk penyelenggaraan haji tahun 2024.

“Kita dalam minggu ini menyelesaikan pengajuan pra manifest ke pusat. Jadi semua sudah selesai, kita ajukan pra manifest untuk penerbitan visa. Dari sisi penyiapan dokumen sudah 98 persen, karena hanya tinggal satu atau dua yang di MRTD, dalam dua hari ini selesailah. Tahun ini secara nasional dipercepat semua persiapan,” kata Wahyudi.(*)

 

 

Penulis: Dodi Saputra