Logo

Bawaslu Jambi Monitoring Pengawasan PSU di Seluruh TPS

- Sabtu, 24 Februari 2024 - 22:12:39
Peta Politik Bawaslu Jambi Monitoring Pengawasan PSU di Seluruh TPS, PETAJAMBI.COM
PSU di TPS 66 Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Sabtu (24/2). / Foto/Ist

JAMBI - Setelah direkomendasi oleh Bawaslu, untuk Provinsi Jambi terdapat 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga kabupaten/kota yakni Kota Jambi, Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Tebo yang melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Guna memastikan pelaksanaan PSU berjalan lancar, Bawaslu Provinsi Jambi melakukan monitoring pengawasan di sejumlah TPS yang melaksanakan PSU. Tampak Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jambi beserta jajaran sekretariat disebarkan di tiga daerah yang melaksanakan PSU.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin mengatakan, sejauh ini pelaksanaan pemungutan suara ulang di 12 TPS sudah berjalan dengan baik dan lancar.

“Pelaksanaan PSU di 12 TPS yakni masing-masing di empat TPS di Kota Jambi, Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Tebo berjalan dengan baik dan lancar, secara logistik mencukupi, secara prosedur penyelenggaraan sudah sesuai dengan prosedur, dan akan dilakukan proses pengawasan sampai penghitungan suara selesai,” ujarnya di sela melakukan monitoring pengawasan di TPS 66, Kota Jambi, Sabtu (24/2).

Dikatakannya, pelaksanaan PSU ini didasari oleh permasalahan pada pemilih yang tidak berhak menggunakan hak pilih tapi menggunakan hak pilih. Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Bawaslu, maka direkomendasikan kepada KPU untuk melakukan pemungutan suara ulang.

“Pelaksanaan ini sudah melalui proses kajian dan hasil temuan yang dilakukan oleh Bawaslu, maka berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2017 dan Peraturan KPU serta hasil pengawasan, Bawaslu merekomendasikan PSU di 12 TPS di tiga daerah tersebut ke Komisi Pemilihan Umum,” kata mantan Ketua KPU Kota Jambi ini.

Seperti diketahui, ke-12 TPS yang akan melaksanakan PSU itu adalah di Kota Jambi pada TPS 66 yang berlokasi di Simpang Rimbo, Kecamatan Alam Barajo yang akan melakukan PSU semua jenis surat suara.

Kemudian di TPS 15 Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura dengan melakukan pemilihan ulang surat suara Pilpres. Di TPS 21 Buluran Kenali, Kecamatan Telanaipura dengan melakukan pemilihan ulang Pilpres, DPD dan DPR. Selanjutnya di TPS 4 Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo melakukan pemilihan semua surat suara.

Sedangkan di Kabupaten Batanghari yang melakukan PSU ada di TPS 4 yang berlokasi di Sukaramai, Kecamatan Muaro Tembesi dengan melakukan seluruh jenis surat suara.

Kemudian pada TPS 3, Pelayangan, Kecamatan Tembesi melakukan PSU seluruh jenis surat suara. TPS 8 di Lubuk Ruso, Kecamatan Pemayung juga melakukan PSU untuk seluruh surat suara dan Pilpres dan di TPS 3 Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung juga melakukan pemilihan ulang seluruh surat suara.

Sementara di Kabupaten Tebo ada di TPS 1 Tabun, Kecamatan VII Koto melakukan pemilihan ulang seluruh jenis surat suara. TPS 2 Tabun, Kecamatan VII Koto juga seluruh jenis surat suara. Di TPS 3 Tabun, Kecamatan VII Koto juga seluruh jenis surat suara dam TPS 6 Teluk Rendah Ulu, Kecamatan Tebo Ilir juga melakukan pemilihan ulang seluruh jenis surat suara. (*)

 

 

 

Sumber: Humas Bawaslu Provinsi Jqmbi





Tags: