Al Haris.

Al Haris : Saya Ikhlas Mengabdikan Diri Untuk Masyarakat, Jika Ada yang Tak Suka Tidak Apa-apa

Posted on 2024-09-03 11:32:49 dibaca 92 kali

JAMBI– Gubernur Jambi Al Haris sempat menyikapi soal dirinya dihina oleh beberapa orang yang tak suka terhadapnya. Menurut dia, bagaimanapun orang ingin menjatuhkannya, ia ikhlas dan tak menyurutkan niatnya untuk terus mengabdikan diri untuk masyarakat dan membangun Provinsi Jambi.

“Itu sudah biasa, saya sering kali disebut Gubernur ini lah, lalu Gubernur itu lah. Tetapi itu tak saya persoalkan, yang jelas di sini saya ingin membangun Jambi yang saya cintai ini,” kata Al Haris, Selasa (2/9/2024).

Gunjingan demi gunjingan mulai muncul secara masif baik secara nyata maupun dilakukan di media sosial kepada Al Haris. Apalagi sejak akan dimulainya pesta demokrasi yakni Pilkada Jambi, Al Haris sering kali jadi umpatan bagi beberapa orang yang diduga jadi barisan sakit hati.

Akan tetapi, Al Haris tak pernah mempersoalkan itu karena tujuannya hanya ingin membangun Jambi agar ada legecy yang baik semasa peninggalannya nanti.

“Niat saya bersama pak Abdullah Sani tidak lain adalah bagaimana program yang sudah berjalan baik dilanjutkan lagi, dan yang belum sempurna di sempurnakan lagi, hanya itu. Karena tidak ada yang bisa instan semua itu dan tentunya butuh proses,” ujar dia.

Al Haris dan Abdullah Sani resmi dilantik pada 7 Juli 2021 silam. Sewaktu dilantik dipertengahan tahun cobaan awal menghantam nya yakni virus COVID-19.

Disaat itu, Al Haris sudah membuktikan tugasnya dalam menjadikan Jambi lebih terkendali dari COVID-19. Sehabis COVID, Al Haris kemudian harus menghadapi soal pro-kontra angkutan batu bara.

Setiap kebijakan yang diambilnya, Al Haris kerap kali menjadi dilema. Terkadang disatu sisi dia memikirkan nasib para sopir angkutan Batubara, namun disatu sisi dia mesti larang angkutan Batubara lintas jalan raya.

Kebijakan ini selalu saja jadi problematika hingga Al Haris terus mempercepat penyelesaian jalan khusus Batubara. Sejauh ini, Al Haris juga telah mengupayakan jalan khusus itu segera selesai dimasa kepemimpinannya.

“Kalau untuk jalan khusus Batubara kini sedang berproses, dan terkadang kita juga meminta agar pihak investor segera merealisasikan janji mereka,” terang Al Haris

Kini, persoalan Batubara sedikit demi sedikit sudah mulai teratasi olehnya meski lagi-lagi jalan khusus jadi penantian utama.

Bukan hanya soal itu saja, kembali Al Haris juga berupaya bagaimana soal infrastruktur jalan, pembangunan yang masih separuh jalan bisa segera terselesaikan. Dia juga berfikir bagaimana peningkatan ekonomi, kesehatan serta pendidikan bisa teratasi semuanya.

“Dan itu tentu tidak cukup hanya dilakukan dalam waktu yang sangat singkat ini. Jika ada yang ngaku bisa jadikan Jambi jauh lebih baik dengan cepat itu tidak mungkin, apalagi APBD kita tidak sebesar di DKI Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Maka semua butuh tahapannya,” ujar Al Haris

Al Haris ini merupakan anak petani yang lahir dari tanah Jambi bagian barat di Kabupaten Merangin. Berbagai kehidupan sulit telah dilalui oleh dia hingga kini menjadi Gubernur Jambi.

Berbagai rintangan dilalui oleh si anak desa itu sejak kecil hingga kini. Sudah Berbagai profesi dilalui oleh Al Haris semasa hidupnya mulai dari penjual koran, martabak, hingga lulus di Birokrasi. Kehidupan itu terus dilalui hingga dia terpilih jadi bupati dua periode di tanah kelahirannya tersebut dan kini jadi Gubernur Jambi.

Pahit manisnya kehidupan sudah dilalui betul bagi di anak perintis bukan pewaris kekuasaan harta orang tua itu. Dia bertekad jika akan menyelesaikan semua PR-PR besarnya agar bisa dinikmati oleh masyarakat.

Terutama soal gedung Islamic Center yang sedang berjalan dan dikebut pekerjaannya. Lalu Stadion Sepak Bola Bertaraf Internasional yang kali pertama dibangun di Jambi, semua itu juga jadi bentuk bahwa Al Haris tak main-main ingin menjadikan Jambi dikenal di kancah nasional.

Apalagi, dalam pertemuan di acara National Conference Football and Sciences 2024 di RCC Jambi yang dihadiri peserta dari beberapa provinsi di Indonesia dan mahasiswa perguruan tinggi se-Provinsi Jambi serta Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisa Destria.

Al Haris menyampaikam bahwa tengah berupaya menjadikan stadion sepakbola Jambi yang baru itu bisa di pakai untuk Kompetisi Liga Nasional.

Lokasi stadion baru milik Jambi yang juga berdekatan dengan pintu keluar jalan tol Jambi-Palembang itu juga sedang menunggu waktu dalam penyelesaiannya agar liga-liga sepakbola nasional dapat terselenggara di Jambi kedepannya.

“Harapan saya nanti kedepan akan ada multi player efek bagi semua pihak dan masyarakat jika ini termanfaatkan baik dari segi UMKM dan lainnya dari pembangunan stadion baru yang berlokasi di Pijoan, Muarojambi,” tegas Al Haris.

Saat ini, Al Haris sudah resmi menyatakan maju kembali dalam Pilgub Jambi 2024. Dia maju dengan berpasangan bersama Abdullah Sani yang kini juga merupakan Wakil Gubernur Jambi.

Al Haris dan Abdullah Sani kini juga diusung oleh koalisi partai gemuk dengan sebanyak 14 partai. Dengan koalisi gemuk ini pastinya akan menjadi pertaruhan harga diri bagi partai dalam memenangkan Pilgub Jambi nanti. (*)

 

 

Editor: Dodi Saputra
Copyright 2023 Petajambi.com

Alamat: Jl. Depati Parbo, Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Kode Pos (36129)

Telpon: -

E-Mail: petajambi574@gmail.com