Gubernur Jambi Al Haris memberikan selamat kepada seluruh Kades di Kabupaten Kerinci, yang masa jabatannya diperpanjang, Senin (15/7).

Gubernur Jambi Minta Kades Konsultasi dengan APH Dalam Pengunaan Dana Desa

Posted on 2024-07-15 15:08:26 dibaca 364 kali

KERINCI - Gubernur Jambi Al Haris minta kepala desa di wilayahnya menciptakan inovasi dalam membangun desa serta konsultasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) baik Polisi atau Kejaksaan dalam penggunaan anggaran desa.

"Jangan sampai anggaran desa sengaja diselewengkan, itu kita tidak bisa melakukan pembinaan," kata Haris saat menghadiri Pengukuhan Perpanjangan 2 tahun masa jabatan Kepala Desa se-Kabupaten Kerinci oleh Pj Bupati Kerinci, Asraf di halaman Kantor Bupati Kerinci, Bukit Tengah, Siulak Mukai, Kabupaten Kerinci, Senin (15/7).

Haris juga menyampaikan bahwa dirinya selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), bersama Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) telah menandatangani kesepakatan di depan Mendagri, KPK, BPK, Kejaksaan dan Polri terkait penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

"Jadi kedepannya apapun penggunaan dana baik di desa itu APIP yang lebih dahulu mengaudit. Meski demikian Kades dalam bekerja harus ada rambu-rambu dalam menggunakan anggaran desa," tegasnya.

Haris juga berharap dengan diperpanjangnya masa jabatan Kades menjadi 8 tahun dapat meningkatkan semangat bekerja untuk membangun desa.

"Maka itu patut kita syukuri, Kades dan BPD bekerja dengan baik, bersatu padu di lapangan. Kekompakan itulah modal kita membangun desa. Jadi gunakan masa jabatan ini untuk membangun desa," katanya lagi.

Sementara itu, Pj Bupati Kerinci Asraf menyampaikan, dengan disahkan Undang Undang nomor 03 tahun 2024, tentang perubahan kedua atas Undang Undang nomor 06 tahun 2014 dimana salah satu poinnya perpanjangan masa jabatan kades selama dua tahun. Khusua di Kabupaten Kerinci, ada 285 Kades yang masa jabatannya diperpanjang menjadi 8 tahun.

"Ini patut kita syukuri, saya berharap dengan ini Kades dapat terus bekerja dengan penuh profesional, tingkatkan pelayanan dan ciptakan inovasi dalam melayani masyarakat. Kami juga mengajak masyarakat untuk mendukung Kades dan BPD bekerja bersinergi dalam membangun desa. Selamat kepada Kades yang telah dikukuhkan, semoga memberikan manfaat bagi masyarakat didesanya masing-masing," kata Asraf.(*)

 

 

 

Editor: Dodi Saputra
Sumber: Diskominfo Provinsi Jambi
Copyright 2023 Petajambi.com

Alamat: Jl. Depati Parbo, Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Kode Pos (36129)

Telpon: -

E-Mail: petajambi574@gmail.com